7 Jenis Jenis Permainan Tradisional yang Buat Nostalgia Generasi 90-an

7 Jenis Jenis Permainan Tradisional yang Buat Nostalgia Generasi 90-an

Permainan memang selalu menjadi kegiatan favorit bagi anak-anak, termasuk permainan tradisional. Bagi generasi 90-an tentu banyak permainan tradisional yang sering dimainkan bersama teman sekolah maupun di sekitar rumah. Walaupun sudah berganti zaman, permainan tersebut tetap menyimpan kesan memorable yang melekat bagi generasi yang lahir di bawah tahun 2000an. Yuk, kembali bernostalgia ria dengan jenis jenis permainan tradisional yang sempat hits zaman dulu!

1. Petak Umpet

Petak umpet menjadi permainan tradisional wajib dan tiap generasi 90-an pasti pernah merasakan keseruannya. Permainan ini mengharuskan satu anak menjadi “penjaga” yang harus menangkap anak lainnya. Anak lainnya bertugas untuk bersembunyi agar tak tertangkap. Apabila tertangkap, si anak tersebut akan menjadi penjaga selanjutnya.

2. Dakon

Dakon terbuat dari plastik, kayu, maupun bulatan yang digambar dan tiap bulatan diisi dengan sejumlah bijih. Bijih tersebut bisa berupa batu kecil, biji sawo, maupun kancing. Dakon adalah sebutan permainan di mana Anda harus mengatur strategi untuk mendapatkan kerikil maupun biji sawo lebih banyak dari lawan. Walaupun terkesan monoton, permainan ini sebenarnya seru untuk menjalin keakraban lewat percakapan saat permainan.

3. Lompat Tali

Lompat tali seringnya dimainkan oleh anak perempuan. Permainan ini mengharuskan Anda untuk bisa melewati tali dengan ketinggian maupun gaya yang berbeda. Permainan ini seringnya dilakukan dalam bentuk kelompok.

4. Egrang

Bermain egrang membutuhkan keseimbangan. Anda harus bisa berjalan menggunakan egrang yang terbuat dari bambu. Keseruan dari permainan ini terletak dari adu kecepatan berjalan. Keriuhan makin bertambah dengan sorakan dan dukungan kepada jagoan egrang.

5. Masak-masakan

Permainan masak-masakkan sepertinya menjadi cikal-bakal anak perempuan memiliki kemampuan memasak di dapur. Anda dan beberapa teman berpura-pura memasak berbagai menu kudapan yang lezat. Bahan makanan seringnya diambil dari bahan-bahan sekitar, misalnya dedaunan, bunga,, air, getah, debhog, hingga sari dari dedaunan yang diperas.

6. Gobak Sodor

Gobak sodor harus dimainkan dalam oleh dua kelompok yang terdiri dari anggota yang sama jumlahnya. Permainan ini mengharuskan satu kelompok untuk berhasil melewati beberapa garis yang dijaga oleh lawan. Permainan ini mengutamakan kerja sama, taktik, dan kecepatan agar bisa memenangkan tiap sesinya.

7. Kelereng

Walaupun kadang masih bisa Anda temukan, permainan kelereng mulai jarang dimainkan oleh anak generasi sekarang. Cara bermain kelereng yaitu beberapa butir kelereng ditata rapi berurutan. Selanjutnya, Anda dan lawan bermain bergantian untuk mendorong sebuah kelereng agar mengenai deretan kelereng yang tertata. Permainan ini hampir mirip dengan bowling.

Walaupun sudah jarang ditemukan, jenis jenis permainan tradisional tetap mendapatkan tempat istimewa bagi generasi 90-an. Kenangan penuh keseruan, kekompakan, dan canda tawa menjadi nostalgia tersendiri. Alangkah baiknya apabila permainan tradisional tetap diperkenalkan dan dijaga eksistensinya di generasi modern. Jangan sampai hanya karena perubahan zaman menyebabkan kekayaan budaya terkikis dan akhirnya punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *