4 Manfaat Bubuk Coklat, Mengurangi Risiko Serangan Jantung & Stroke

4 Manfaat Bubuk Coklat, Mengurangi Risiko Serangan Jantung & Stroke

Coklat atau kakao pertama kali ditemukan di Amerika Tengah yang kemudian merambah Eropa hingga sekarang pohon coklat mudah ditemui di berbagai belahan dunia. Salah satu produk olahan dari pohon coklatnya adalah biji buahnya yang bisa diolah menjadi bubuk coklat. Tahukah Anda bahwa bubuk ini memiliki ragaman manfaat bagi kesehatan? Ini dia penjelasannya.

1.    Mengurangi Risiko Serangan Jantung & Stroke

Manfaat pertama coklat adalah dapat mengurangi risiko serangan dan stroke dikarenakan coklat kaya akan flavanol. Kandungan ini dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah yang nantinya akan melemaskan dan melebarkan arteri dan pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah.

Selain itu, coklat juga terbukti dapat mengurangi kolesterol LDL, memiliki efek pengenceran darah, dan mengurangi peradangan. Dengan berbagai manfaat tersebut menjadikan risiko serangan jantung & stroke bisa diminimalisir.

2.    Meningkatkan Fungsi Otak

Menurut beberapa penelitian, kandungan polifenol, seperti dalam coklat, dapat mengurangi risiko penyakit saraf, yaitu neurodegeneratif. Hal ini disebabkan karena polifenol dapat meningkatkan aliran darah dan fungsi otak.

Selain polifenol, flavanol dapat dapat terlibat dalam jalur biokimia yang menghasilkan molekul penting untuk fungsi otak. Seperti studi sebelumnya, flavanol bisa memperlancar aliran darah sehingga suplai darah dan aliran darah ke dan dari otak bisa lancar yang mempengaruhi fungsi otak lebih optimal.

3.    Memperbaiki Mood dan Gejala Depresi

Selain kesehatan fisik, manfaat bubuk coklat juga bisa untuk kesehatan jasmani, yaitu memperbaiki mood dan mengatasi gejala depresi. Efek positif pada mood ini disebabkan karena konversi triptofan menjadi penstabil mood alami, yaitu serotonin.

Efek menyenangkan juga bisa dikaitkan dengan rasa coklat yang cenderung pahit manis enak untuk dinikmati. Hal ini didukung dengan penelitian bahwa mengonsumsi coklat dengan polifenol tinggi dapat meningkatkan ketenangan dan kepuasan yang cocok digunakan untuk menurunkan gejala depresi.

4.    Membantu Mengontrol Berat Badan

Manfaat selanjutnya adalah dapat membantu mengontrol berat badan. Bagi sebagian orang, terutama kaum hawa, berat badan merupakan suatu parameter penting dalam lifestyle. Selain bagi kaum hawa, sejatinya mengontrol berat badan tentunya penting untuk semua orang agar tidak mudah terserang penyakit akibat dari obesitas maupun malnutrisi.

Coklat diperkirakan dapat membantu mengatur penggunaan energi, mengurangi nafsu makan dan menimbulkan efek kenyang, serta meningkatkan oksidasi lemak. Hal ini membuat coklat untuk mengontrol berat badan dan menjadi bahan yang pas untuk diet. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa orang yang lebih sering mengonsumsi coklat memiliki BB yang lebih rendah.

Selain rasanya yang nikmat, ada manfaat dari bubuk coklat yang signifikan jika Anda konsumsi. Pastikan untuk mengonsumsi coklat yang alami tanpa pemanis buatan dan dengan takaran yang sesuai agar manfaat yang diperoleh dapat maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *