Menyimak Manfaat Laktosa Pada Susu dan Efek Untuk Kesehatan Anak

Menyimak Manfaat Laktosa Pada Susu dan Efek Untuk Kesehatan Anak

Pernah mendengar istilah laktosa ketika hendak membeli produk susu untuk si kecil? Ya, bisa dikatakan bahwa laktosa pada susu merupakan salah satu kandungan yang cukup penting dan sering ditemukan. Laktosa sendiri adalah sejenis gula yang digunakan untuk memberikan rasa nikmat pada susu pertumbuhan anak.

Hanya saja, sebagai orang tua tentu Anda perlu tahu lebih banyak tentang laktosa. Terlebih, anak memiliki sistem pencernaan yang sensitif dan bisa jadi terkena imbas dari konsumsi produk dengan kandungan laktosa tinggi tadi.

Sekilas Tentang Laktosa

Dalam pengertian yang sederhana, laktosa diartikan sebagai salah satu jenis gula yang ditemukan pada produk susu atau produk lain yang dibuat dengan bahan dasar susu. Bisa dikatakan jika sebagian besar produk susu yang dikonsumsi memiliki kandungan ini.

Selain itu, dalam pengertian yang lain, laktosa diartikan sebagai gula yang terdiri dari gabungan glukosa dan galaktosa. Keduanya adalah gula yang lebih sederhana dan digunakan tubuh sebagai sumber energi. Oleh karenanya, laktosa nantinya akan dipecah di dalam tubuh sebelum dimanfaatkan.

Manfaat Laktosa Dalam Susu

Adanya kandungan laktosa pada susu pertumbuhan anak secara umum akan memberikan cukup banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah menunjang tumbuh kembang anak di mana anak memerlukan lebih banyak kandungan gula sehat di dalam tubuh mereka untuk menunjang aktivitas serta pertumbuhan.

Juga, laktosa akan berpengaruh pada kondisi kesehatan anak secara umum. Pasalnya, dengan adanya laktosa yang cukup, maka anak akan memiliki energi yang juga cukup untuk bergerak. Hal inilah yang membuat mereka lebih aktif dan juga lebih sehat.

Hanya saja, terkait laktosa, ada permasalahan serius yang perlu Anda ketahui, yaitu intoleransi laktosa. Pernah mendengar sebelumnya?

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa laktosa nantinya akan dipecah menjadi sumber gula sederhana di dalam tubuh anak. Namun, ada beberapa kondisi di mana tubuh anak tidak mampu memecah kandungan laktosa tersebut.

Kondisi ini nantinya akan menyebabkan masalah yang cukup serius pada kesehatan si kecil. Beberapa kondisi yang disebabkan oleh masalah intoleransi laktosa diantaranya adalah:

  • Diare
  • Sakit perut
  • Perut yang terasa kembung
  • Mual
  • Keram di bagian perut
  • Sering buang angin

Tentu, kondisi di atas adalah kondisi yang sangat tidak menguntungkan dan sangat mengganggu kondisi tubuh si kecil. Oleh karenanya, ketika Anda mengetahui adanya masalah pada anak setelah mengonsumsi produk susu tertentu dan mengarah pada masalah intoleransi laktosa, maka Anda harus segera menghentikan pola konsumsi tersebut.

Bijak Dalam Memilih Susu Anak

Secara umum, laktosa memang memiliki manfaat yang cukup baik bagi anak. Hanya saja, Anda juga harus menyadari bahwa ada masalah intoleransi laktosa yang mungkin terjadi.

Untuk mengatasi kondisi ini, maka Anda harus bijak dalam memilih produk susu untuk anak. Tentu saja, selain melihat kandungan nutrisi dari produk susu tersebut, cek pula kandungan laktosa pada susu yang Anda pilih. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *