8 Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Keras Kepala

Apakah Anda pernah mengalami flek hitam di wajah? Atau flek hitam yang muncul di wajah Anda tidak kunjung hilang dan Anda tidak tahu cara mengatasinya? Tak jarang kita bingung bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dan sulit hilang. Namun, ada banyak cara menghilangkan flek hitam di wajah yang mudah dilakukan – secara alami atau dengan pergi ke klinik kecantikan.

 

Penyebab flek hitam di wajah

Sebelum kita mengetahui cara menghilangkan flek hitam membandel di wajah, mari kenali dulu flek hitam dan penyebabnya. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya lho, mulai dari kondisi lingkungan hingga gaya hidup atau kondisi tubuh Anda.

 

Terlalu banyak terpapar sinar UV

Menurut Verywell Health, paparan sinar UV yang berlebihan biasanya menjadi penyebab utama munculnya flek hitam di wajah kita. Bukan hanya matahari lho, kita juga bisa terkena sinar UV dari berbagai sumber lain, seperti pencahayaan ruangan, monitor komputer, atau layar TV. Jika kita sering terpapar sinar UV, apalagi dalam jangka waktu lama dan tanpa menggunakan tabir surya, kita berisiko mengalami hiperpigmentasi sehingga muncul flek hitam di wajah kita. Bintik-bintik ini biasanya tidak langsung muncul di wajah, tetapi seiring bertambahnya usia, bintik-bintik itu akan muncul lebih jelas di wajah Anda. Risiko ini bahkan lebih besar bagi Anda yang berkulit putih atau pernah mengalami luka bakar.

 

penyakit kulit

Flek hitam juga bisa muncul karena kamu punya penyakit kulit tertentu lho, seperti Riehl’s melanosis, Poikiloderma, Erythromelanosis atau kanker kulit. Pada penyakit-penyakit tersebut, Anda tidak hanya mengalami munculnya flek hitam di wajah, tetapi juga kulit yang menipis, gatal-gatal yang terus-menerus atau ruam yang juga muncul. Jadi, jika ada flek hitam yang terus muncul bersamaan dengan gejala lainnya, segera hubungi dokter kulit karena flek di wajah Anda bisa jadi merupakan gejala penyakit kulit.

 

Konsumsi penawar tertentu

Ada beberapa penawar yang bisa menimbulkan efek samping berupa flek hitam di wajah saat digunakan. Contoh penawar tersebut adalah antibiotik, penawar detak jantung tidak teratur, penawar epilepsi, penawar penyakit jiwa, atau penawar infeksi. Meskipun tidak semua penawar tersebut memiliki efek samping menyebabkan flek hitam, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum membeli penawar atau saat meminum penawar untuk memastikan efek sampingnya.

 

Perubahan Hormon

Girls, kamu yang wanita cenderung lebih rentan dengan munculnya flek hitam di wajah karena memiliki hormon estrogen dan progesteron lho. Menurut Stylecaster.com, ketika kedua hormon ini diproduksi dalam jumlah besar oleh tubuh, seperti saat hamil, menstruasi, atau mengonsumsi pil KB, Anda bisa mengembangkan kondisi yang disebut melasma. Melasma biasanya menyebabkan flek hitam di hidung, pipi, dahi atau dagu dan akan hilang setelah tubuh Anda memproduksi kedua hormon ini kembali menurun, lho.

 

baca juga : Berapa Biaya Laser untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah?

baca selengkapnya hanya di tagarberita.com – blog favorit netizen

 

Bagaimana cara menghilangkan flek hitam pada wajah yang membandel?

Bagaimana cara menghilangkan flek hitam membandel di wajah yang tidak kunjung hilang setelah mengetahui penyebab munculnya flek hitam di wajah? Ternyata ada beberapa cara menghilangkan flek hitam membandel di wajah lho, secara alami atau dengan pergi ke klinik kecantikan. Penasaran?

 

Berhenti memencet jerawat

Jadi jika Anda terbiasa memencet jerawat di wajah, sekarang saatnya untuk berhenti dan mengubah kebiasaan Anda karena dapat membuat flek hitam semakin membandel. Sebaiknya gunakan krim wajah anti jerawat atau penawar dari dokter kulit atau apotek untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda.

 

Gunakan tabir surya setiap hari

Menggunakan tabir surya dapat mencegah tidak hanya bintik hitam di wajah menjadi lebih buruk, tetapi juga perkembangan bintik-bintik baru. Untuk perlindungan maksimal dari sinar UV, pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 di wajah Anda dan aplikasikan kembali ke wajah setiap 2 jam sekali.

 

Konsumsi Vitamin C Secara Teratur

Jadi, jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi vitamin C setiap hari, yuk lakukan. Selain jeruk, Anda juga bisa mendapatkan vitamin C dari paprika, jambu biji, kiwi, brokoli, leci, dan stroberi. Anda juga bisa mengoleskan tetes atau krim vitamin C langsung ke kulit sebelum mengoleskan tabir surya setiap pagi.